Sabtu, 02 Mei 2020

Merancang Desain Pembelajaran Modern


Dr. Paidi, M.TPd. merupakan salah satu ahli teknologi pendidikan yang pada kesempatan ini menjadi narasumber pelatihan menulis yang diselenggarakan PGRI. Senang bisa mendapatkan ilmu dari beliau. Kiprahnya dalam pengembangan pembelajaran tidak perlu diragukan lagi.
Buku pembelajaran merupakan salah satu produk dalam kegiatan pembelajaran. Guru dapat mengembangkan buku pembelajaran guna menunjang karir dan kelancaran dalam menjalankan tugasnya. Kegiatan pengembangan suatu produk pembelajaran harus menggunakan acuan dari tokoh atau ahli di bidangnya. Kita bisa menggunakan acuan dari satu tokoh saja atau menggabungkan dari dua atau lebih tokoh. Dua dinatara banyak tokoh ahli pengembangan adalah Atwi Suparman dan Dick & Carrey.
Proses perencanaan desain pembelajaran terdiri dari 11 langkah, yaitu:
Pertama, mencari data dan informasi guna mendapatkan masukan. Masukan disini tentunya berasal dari pihak terkait, bisa dari guru dan siswa. Guru dan siswa akan memberikan atau menyampaikan masalah apa yang dihadapi di lapangan sebagai dasar untuk melakukan suatu pengembangan.
Kedua, dari data yang diperoleh kemudian diidentifikasi. Identifikasi dilakukan guna mengetahui kaitan dari kondisi yang dihadapai dengan kebutuhan. Misalkan saja buku yang menunjang kegiatan pembelajaran masih belum sesuai dengan kebutuhan, sehingga diperlukan adanya pengembangan buku terkait pembelajaran yang diajarkan.
Ketiga, menyusun analisis instruksional atau pembelajaran yang akan dirancang. Pengembang memulai dengan menentukan jenis mata pelajaran atau dipilih untuk dikembangkan berdasarkan kondisi di lapangan. Sesuaikan dengan kebutuhan yang paling mendesak sehingga pemanfaatan dari produk yang dikembangkan akan lebih maksimal.
Keempat, pemahami karakter peserta didik yang menjadi target atau pengguna buku yang akan dikembangkan. Tahapan ini penting untuk diterapkan mengingat karakter peserta didik memiliki keragaman sehingga pengembang harus memahami dengan baik. Penyusunan bahasa yang digunakan juga harus disesuaikan dengan karakteristik siswa supaya mudah diterima.
Kelima, merumuskan tujuan instruksional khusus. Pengembang menyusun tujuan utama dari kegiatan pengembangan yang dilakukannya. Guru mengembangkan buku pembelajaran tentunya memiliki alasan dan hal itu disampaikan dalam langkah kelima ini.
Keenam, melakukan peyusunan tes. Selanjutnya langkah ketujuh yaitu membuat perencaaan strategi instruksional yang akan digunakan. Pengembang menentukan langkah-langkah yang akan dilaksanakan.
Kedelapan, mengembangkan dan memilih bahan. Terkait dengan ini, karena produk yang akan dikembangkan berupa buku pembelajaran maka dapat dipilih antara buku online atau buku cetak. Pada pertemuan sebelumnya bersama Pak Onno telah diajarkan contoh menyusun buku online (digital). Kedua buku memiliki kelebihan dan kekurangn masing-masing.
Kesembilan, melakukan evaluasi formatif. Pada tahapan ini tentunya melibatkan banyak pihak, diantaranya ahli bidang pengembangan buku/ pakar dan siswa sebagai pengguna sendiri. Kegiatan evaluasi dari pakar melibatkan 4 pakar, kemudian untuk siswa, yang pertama diterapkan bersama 3 siswa yang mewakili kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Selanjutnya evaluasi dari group kecil yang melibatkan 9 siswa yang mewakili 3 kemampuan seperti sebelumnya terakhir, produk yang dikembangkan juga diujicobakan pada siswa dengan kelompok besar yang terdiri dan 30 siswa.
Kesepuluh, melakukan kegiatan revisi dari hasil evaluasi formatif. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan masukan pada saat melakukan kegiatan evaluasi formatif.
Kesebelas, merancang dan mengembangkan evaluasi suamatif. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh pihak lain dalam hal pengembangan buku pembelajaran berarti dilakukan oleh penerbit. Pengembang buku sebaiknya menyesuaikan dengan format dari penerbit yang akan digandeng untuk bekerjasama.
Setelah mendapatkan gambaran mengenai langkah langkah dalam mengembangkan buku pembelajaran diharapkan memberikan pencerahan kepada kita. Jangan merasa takut untuk mencoba dan melewati setiap langkahnya. Mari bersama sama untuk berani mencoba.
Salam literasi

1 komentar:

Pengalaman Berinovasi Pembelajaran

Hallo bapak/ ibu guru hebat seluruh Indonesia. Saya akan membagikan ilmu hasil dari mengikuti pelatihan bersama Arif Darmadiansah. Belia...